Tuesday, October 6, 2015

Apa sebenarnya pengertian dari iOS itu?

          iOS adalah sistem operasi perangkat genggam dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple, Inc. yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple, Inc, tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.
            Di akhir tahun 2010, iOS memiliki mangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia . Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking.
            Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus. Agar lebih mengetahui lebih lanjut tentang Operating System besutan Apple Inc tersebut berikut adalah sejarah (history) iOS :

Versi 1
            iOS History dimulai ketika Steve Jobs meluncurkan iPhone di tahun 2007, ia mengklaim bahwa perangkatnya menggunakan versi dari OS X. Pada awalnya ponsel tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga (3rd party developer) sampai sembilan bulan setelah peluncuran, ketika Apple merilis iPhone SDK.
            iPhone 2G menjalankan apa yang sekarang dikenal sebagai iOS versi 1.0, dengan pra-instal aplikasi (aplikasi bawaan/standar) dari Apple serta iTunes versi 1.1
Gambar 1.1 : iPhone 2G menggunakan iOs versi 1.0




Versi 2
            Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008.
            App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu.

Gambar 1.2 : Tampilan Appstore pada iOS Versi 2.

Versi3
            Bersamaan dengan peluncuran iPhone 3GS, iOS 3.0 membawa beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti dukungan MMS, kemampuan untuk network tethering, kemampuan copy dan paste, kemampuan untuk menggunakan keyboard dalam modus landscape, IMAP, Memo Suara, aplikasi kompas, shake to shuffle, dan push notification.


Gambar 1.3 : iPhone yang telah menggunakan iOS versi 3 yang telah di lengkapi IMAP dan Shake to shuffle.

Versi 4 IOS

            Pada versi keempatnya, atau dikenal dengan sebutan iOS4. Apple menyuntikkan pembaruan yang lumayan dan cukup besar. Diantaranya adalah dukungan multitasking yang lebih efektif agar baterai lebih hemat, pengaturan menyalakan dan mematikan data seluler, penambahan dukungan fitur baru yaitu pada fitur foto , pengaturan playlist yang lebih efektif dan lebih kreatif, serta dukungan passcode (pin).
            Tentunya, pembahan banyak fitur ini membuat system operasi yang di rilis tahun 2010 ini semakin menarik dan diminati banyak orang dan merupakan system operasi keluaran Apple Inc yang cukup bagus.


Gambar 1.4 : iOS 4 multi tasking yang sudah bisa di nikmati di iOS versi 4.



Versi 5 IOS

            Pada versi kelimanya, iOS juga membawa fitur yang cukup banyak. Fitur-fitur yang ada di iOS 5 ini cukup penting. Contohnya adalah iMessage, kemudahan mengambil foto dengan menekan tombol, serta notifikasi yang muncul pada bagian atas. Fitur notifikasi inilah yang cukup menarik karena kemudahan pengguna dalam membaca informasi yang masuk. Selain itu, pada iOS 5 ini juga terdapat dukungan cloud storage, sinkronisasi iTunes melalui jaringan Wi-Fi, serta kehadiran Siri. Siri merupakan perubahan terbesar yang ada di iOS 5.
            Pasalnya, kehadiran Siri cukup membawa perubahan penggunaan teknologi karena Siri adalah aplikasi asisten pintar untuk pengguna. Sistem operasi iOS 5 cukup populer lantaran produknya, seri iPhone 4S cukup laku di pasaran.


Gambar 1.5 : Perubahan tampilan iPhone dari iOS versi 1-7.

Versi Keenam iOS

            Versi keenam iOS yang dirilis pada tahun 2012 cukup membawa masalah. Masalah yang cukup serius adalah tidak didukungnya Google Maps, aplikasi peta terkenal yang banyak digunakan. Apple mencoba menggantinya dengan Apple Maps. Tetapi aplikasi dianggap kurang baik oleh pengguna. Terlepas dari masalah yang ada, iOS 6 membawa fitur menarik seperti integrasi Facebook, fitur Facetime, notification center, serta metode pembayaran Passbook.

Versi Ketujuh IOS

            Pada versi ketujuh, tidak ada penambahan fitur baru yang cukup baru yang berpengaruh besar. Kalaupun ada tidaklah terlalu menarik. Contoh fitur barunya adalah control center untuk pengaturan cepat dan Airdrop untuk berbagi konten.
            Yang justru menarik perhatian dari iOS 7 adalah tampilan antarmukanya yang benar-benar baru. Sistem operasi yang keluar tahun 2013 ini hadir dengan desain ikon yang lebih sederhana serta latar animasi yang menarik.

Kelebihan dan kekurangan iOS versi 7:
1. Dukungan Aplikasi CarPlay
            Kemampuan yang sangat luarbiasa di terbitkan oleh Apple Inc di iOS versi 7 karena di ios versi ketujuh ini mampu menghubungkan perangkat dengan mobil namun hanya mobil-mobil tertentu saja yang bisa di sambungkan dengan perangkat iphone ios versi ketujuh yakni seperti : Ferari, Mercedes Benz, dan Volvo.
2. Tweak Apik Baru
3. Kamera Lebih Baik
4. Performa yang lebih kencang
5. Siri makin pintar
6. TouchID lebih responsive.

Kekurangan iOS versi 7 :
1. Aplikasi iTunes Radio hanya bisa bekerja di Negara Amerika Serikat saja.
2. Fitur AirDrop hanya bisa dijalankan pada perangkat baru Apple saja.
3. Fitur UI pada kamera sangat standard dan pengaturan fitur yang terbatas.
4. UI Interface hampir sama dengan Windows Phone
Versi Kedelapan iOS

            Diperkenalkan tahun 2014, iOS 8 membawa aplikasi bernama Health. Pada sistem operasi ini juga terdapat peningkatan fitur pada foto, dukungan iCloud Drive, fitur berbagi konten untuk keluarga, aktivasi Siri lewat suara, serta pengetikan yang lebih cepat lewat Quicktype. Sistem operasi ini juga hadir dengan desain antarmuka yang lebih flat dibandingkan sebelumnya.

Kelebihan :
-       Kill Switch
-       Continuity
-       Quick Type
-       Health Kit
Kekurangan :
-       IOS 8 Hanya bisa di nikmati di iphone versi 5 keatas.


Versi Kesembilan IOS

            Diperkenalkan tahun 2015, iOS 9 membawa applikasi Note Drawing. Pada system operasi ini juga terdapat peningkatan fitur pada foto, dukungan iCloud Drive, fitur berbagi konten untuk keluarga.
Apa saja yang di tawarkan Apple pada IOS Versi kesembilan ini? Berikut di antaranya :
1. Pada Aplikasi kita bisa menggambar menggunakan pena seperti pena untuk menggambar, serta kita bisa insert photo di note untuk membuat catetan lebih menarik.
2. Kita bisa mengatur pemakaian batre di setting trus ada menu batre sendiri nah bisa pilih menggunakan "low power mode" jadi lebih hemat., nah tambahan lagi pas kita chagre ipin dengan kondisi menggunakan low power sistem akan outomatis menggunakan normal power pada saat kapasitas batre 80% jadi klo sudah full charge harus setting lagi jadi low power mode.
3. Tampilan double klik yang berbeda dengan sebelumnya

Gambar 2.1 : Tampilan double click di ios versi 9.

4. Suggest siri, atau bisa di sebut juga dengan recent applikasi dan recent contact.

Kesimpulan :
            Dari isi pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa :
            1. Apple Inc selalu memproduksi system operasi yang selalu lebih unggul dari system operasi smartphone lainnya.
            2.  Setiap pembaruan yang di lakukan Apple Inc selalu menawarkan applikasi yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan suatu masalah dengan cepat.

Daftar Pustaka :


No comments:

Post a Comment